081-2300-97323
CARI TAHU SEBERAPA KUAT BRANDING BISNIS KAMU!
Written by Momentum Creative
“Your brand is what other people say about you when you’re not in the room.” -Jeff Bezos-
Masyarakat luas bisa mengenal bisnis kamu hanya dengan mengenali brand kamu. Karena itulah brand berperan sangat besar dalam bisnis kamu. Lalu apakah branding yang kamu lakukan sudah cukup kuat untuk memberikan dampak secara internal maupun eksternal dalam marketing bisnis kamu?
Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang bisa menjawab kuatnya branding bisnis kamu.
Apakah masyarakat mengenal brand kamu?
Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah strategi branding kamu berhasil atau tidak adalah dengan bertanya kepada masyrakat tentang brand kamu. Masyarakat yang kamu tanyakan juga bukan sembarangan orang. Akan lebih baik memang masyarakat yang menjadi bagian dari target audience dari brand kamu.
Sebagai contoh kamu ingin menanyakan sebuah brand untuk produk susu ibu hamil, tapi kamu menanyakan kepada anak SMA. Bagus kalau mereka sudah tahu mengenai produk brand itu, setidaknya dia pernah mendengar brand tersebut. Mungkin mereka pernah mendengar, tetap kamu salah target saat menanyakan susu hamil pada anak SMA. Makanya sangat penting untuk menanyakan pada sasaran target audience yang tepat.
Apakah strategi branding kamu ditujukan kepada target audience yang benar?
Hampir semua produk/service diciptakan dengan target audience yang berbeda-beda. Yang menjadi pekerjaan utama saat melakukan branding adalah apakah kamu sudah memusatkan pada target audience yang tepat atau belum.
Mengapa ini menjadi hal yang penting? Untuk mempermudah kamu membayangkan, kita gunakan analogi. Bayangkan target audience kamu adalah sebuah pesawat. Jika kamu ingin berangkat dari Jakarta menuju Bali, namun kamu malah naik pesawat ke Pangkal Pinang. Kalau begitu caranya kamu tidak akan sampai di Bali. Jika ingin menuju Bali, kamu harus menambah usaha berupa tenaga, waktu, dan uang. Begitu pula yang terjadi jika kamu salah memilih target audience. Kamu harus memperbaikinya agar bisa mencapai tujuan bisnismu.
Apa keunikan dari brand kamu jika dibandingkan dengan kompetitor bisnismu?
Dari begitu banyak pesaing bisnismu, apa yang kamu lakukan agar kamu bisa ‘dilirik’ oleh calon klien/pelangganmu? Satu hal yang wajib kamu punya adalah keunikan bisnismu. Menjadi berbeda dari yang lain akan menjadi nilai plus untuk bisnismu. Setiap calon klien/pelanggan pasti mempunyai kebutuhannya masing-masing yang berbeda satu sama lain. Penuhi kebutuhan mereka dan gunakan keunikan bisnismu sebagai ‘peluru’ menuju kesuksesan bisnismu.
Apakah brand kamu menepati ‘janji’ kepada klien/pelanggan?
Janji yang dimaksudkan di sini adalah apa yang kamu tawarkan kepada calon pelanggan/klienmu. Layaknya seorang politikus yang sedang mencalonkan dirinya untuk suatu jabatan. Ia mempromosikan dirinya seperti, “Saya ini jujur, berintegritas tinggi, anti korupsi, dll.” Begitu juga yang terjadi pada brand kamu. Penuhi apa yang sudah kamu janjikan dari brand kamu. Dengan begitu rasa percaya dan loyal dari pelanggan/klienmu akan terbangun.
Setelah menjawab dan membaca keterangan di atas, jika jawaban kamu sudah ‘YA’ semua dalam tes singkat ini, maka brand kamu sudah di posisi yang cukup kuat. Tinggal bagaimana kamu akan mempertahankan brand kamu sehingga bisa tetap bahkan semakin dikenal dan dipercaya oleh target audience kamu.
Apabila masih ada jawaban ‘TIDAK’, maka kamu harus mencoba memperbaiki strategi branding yang kamu gunakan. Salah langkah dalam melakukan branding akan menimbulkan kemerosotan dalam bisnis kamu. Klik di sini untuk konsultasi gratis dengan kami dan dapatkan solusi terbaik untuk menciptakan branding yang paling sesuai dengan bisnismu. Let’s grow your business beyond your expectation!
Share This Article:
Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn
Our Latest Thoughts

Seluk Beluk yang Perlu Kamu Ketahui Saat Mendesain Logo Brand
April 4, 2018
Ini dia tips mujarab agar logo kamu bisa terpatri di hati calon klien/customermu!

Warna pada Logo Menentukan Masa Depan Bisnis Kamu Lho!
March 20, 2018
Apa sih hubungan warna dengan kesuksesan suatu brand? Nasib brand kamu ada pada setiap keputusanmu ya, People.

Hati-hati Tersandung Kasus Hukum Karena Surat Ijin Usaha Kalian Belum Lengkap
March 10, 2018
Kamu mau bisnis kamu lancar dan aman terkendali dari perkara hukum? Yuk lengkapi dokumen-dokumen ini sebelum kamu memulai bisnis.
Ready to Kickstart Your Business?
Fill the form and our team will contact you within 1×24 hours.
Or you can call/Whatsapp us at
+6281-2300-97323
for faster response
About Momentum Creative
PT Momentum Kreasi Indonesia adalah agensi branding, design, dan digital marketing berlokasi di Jakarta, Indonesia. Ragam servis yang kami tawarkan adalah corporate identity branding, design/penulisan annual/sustainability report, pembuatan marketing kit (company profile/brosur), hingga pembuatan kalender/agenda/greeting cards.
Our Office
- Mediterania Garden K/23KG, Jl. Tanjung Duren Raya Kav. 5-9, Jakarta Barat 11470
- (6221)2933-7142
- (6281)2300-97-323
- [email protected]
© PT Momentum Kreasi Indonesia 2018